Senin, 27 Februari 2012

25 Kata yang Seharusnya Sudah Bisa Diucapkan Balita Anda

Perkembangan tiap balita boleh jadi berbeda-beda. Dari segi fisik maupun inteligensia, balita yang satu bisa berlainan dengan balita yang lain.

Kendati begitu, Rescorla, direktur Institut Studi Anak di Bryn Mawr College, mengungkapkan, dari hasil studi terbaru, entah itu balita yang terlambat berbicara atau normal, ada kesamaan dalam penggunaan kata-kata.
Bila Anda mencemaskan kemampuan berbicara anak Anda, coba simak 25 kata-kata yang seharusnya sudah dapat diucapkan oleh balita Anda di antaranya:
mama (ibu/bunda/dst)
papa (ayah/papi/dst)
bayi
susu
jus
hai/halo
bola
nggak/tidak
ya/iya
anjing
kucing
hidung
mata
pisang
kue
mobil
panas
terima kasih
mandi
sepatu
topi
buku
pergi
dada
lagi
Rescorla mengatakan, para balita tergolong telat bicara ketika mereka hanya bisa mengatakan kurang dari 50 kata pada usia 24 bulan. Keterlambatan itu bisa dipicu oleh berbagai penyebab seperti masalah pendengaran, autisma, atau masalah pertumbuhan yang lain.
Dari hasil penelitiannya pada anak-anak yang mengalami keterlambatan berbahasa tanpa ada masalah lain, ternyata balita yang telat bicara ''baru berfungsi normal'' sekitar usia 4-5 tahun. ''Poin pentingnya adalah mereka tidak belajar bahasa dengan cara yang sangat aneh, mereka hanya terlambat belajar,'' ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...