Jumat, 03 Februari 2012

Terpisah 29 Tahun, Bertemu Kembaran di Facebook

Emilie Falk selama ini tidak menyangka bahwa dirinya memiliki seorang saudari kembar. Sekitar 29 tahun kemudian setelah dilahirkan, Emilie baru menemukan kenyataan aneh tapi menyenangkan ini melalui Facebook. Terlebih lagi, tempat tinggal Emilie dan Lin Backman (kembaran Emilie) hanya berjarak 40 kilometer!
Emilie Falk dan Lin Backman adalah kembar tidak identik yang lahir di Indonesia tapi diadopsi oleh dua keluarga asal Swedia yang berbeda. Sejak bayi, keduanya dirawat di sebuah panti asuhan di Semarang, Jawa Tengah. Tapi, tak ada satu pun dokumen yang menyatakan bahwa Emilie dan Lin adalah saudari kembar.
Ketika orangtua Backman meninggalkan panti asuhan bersama Lin bertahun-tahun lalu, seorang pengemudi taksi bertanya pada mereka, "Bagaimana dengan saudaranya?" Mereka kemudian mencatat nama Indonesia kedua anak itu di secarik kertas dan berusaha melacak keluarga Falks di Swedia.
Kedua keluarga ini kemudian bertemu beberapa kali ketika putri angkat mereka masih bayi untuk mencocokkan dokumen. Namun karena banyak sekali data yang tidak tercantum dalam dokumen adopsi mereka dan saat itu belum ada pemeriksaan DNA, kedua keluarga itu pun tidak menganggap kedua putri angkat mereka bersaudara kembar.
Meskipun sudah diketahui bahwa kedua putri ini beribu sama tapi berbeda ayah, orangtua Emilie dan Lin akhirnya memutuskan bahwa kedua gadis ini bukanlah saudara kembar sehingga mereka pun mengubur ide tersebut dan tak berhubungan kembali satu sama lain.
Emilie dan Lin pun bertumbuh besar tanpa memiliki ketertarikan untuk mengetahui asal usul biologis mereka padahal orangtua mereka masing-masing sudah menceritakan semuanya.
Berkat Facebook
Namun setelah Emilie menikah, ia mulai berpikir tentang keluarga dan proses adopsinya. Hingga akhirnya ia minta agar ibunya menceritakan kembali kisah adopsi dirinya. Hal ini kemudian berlanjut dengan keinginan untuk mencari Lin.
Karena Facebook-lah, Emilie akhirnya bisa menemukan apa yang dicarinya. Berdasarkan tes DNA yang dilakukan keduanya dua bulan setelah reunian ini pada Januari tahun lalu, kemungkinan mereka bersaudara adalah 99,98%. Lalu setelah sering bertemu, Emilie dan Lin mendapati keduanya memang memiliki banyak kesamaan. Di antaranya, keduanya berprofesi sebagai guru. Tanggal pernikahan mereka sama tapi hanya berbeda satu tahun. Bahkan, mereka berdansa di hari pernikahan dengan diiringi lagu yang sama, yaitu You and Me karya Lifehouse. 

Emilie Falk sungguh tidak mempercayai semua kenyataan ini, tapi ia mengaku sangat bahagia karena pada akhirnya ia bisa bertemu kembali dengan saudara kembarnya setelah sekian lama terpisah. Kini, mereka mulai berpikir untuk mencari orangtua mereka di Indonesia.
Semoga usaha Emilie dan Lin melacak keberadaan orangtua mereka bisa berbuahkan hasil yang sama manisnya! Luar Biasa!

 sumber:andriewongso.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...