Minggu, 15 Januari 2012

5 Rahasia anak membuat anak KETAGIHAN BELAJAR

Student Doing Homework Royalty Free Stock Photo


1.  PIGMELLION EFFECT
2.  Teach them HOW to LEARN not only WHAT to LEARN
3.  TURN on "Saklar" Otaknya
4.  Tell them What's the closes benefit for them
5.  PLAY for LEARN



I. PIGMELLION EFFECT : panggilan POSITIF ortu thd anak yang akan menjadikan anak percaya bahwa mereka memiliki CITRA DIRI yang selalu positif.

Kita sbg orang tua/guru kadang lebih sering men "CAP" anak2 kita dgn panggilan negatif, spt, anak nakal, anak bandel, anak males, anak bodoh, anak oon, dsb, dan bila hal tersebut dilakukan oleh kita sebagai Orang tua/guru yang memiliki OTORITAS tertinggi di pikiran anak2 kita, dan dilakukan terus menerus dalam jangka waktu yang lama, maka akan masuk ke dalam program otak bawah sadar si anak. Dan pada akhirnya mereka percaya bahwa apa yg dikatakan oleh ortu/guru adalah betul, shg mrk pada akhirnya akan benar2 nakal, bandel, bodoh, males dsb.

Oleh karenanya, setelah kita tahu mengenai hal ini, maka kita sbg ORTU/Guru harus meyakini bahwa pada dasarnya setiap anak kita itu adalah JENIUS. Tugas kita adalah meyakinkan hal tsb pada diri anak2 kita, shg mrk memiliki keyakinan diri bahwa dirinya JENIUS hanya belum di eksplorasi MAKSIMAL, dan tugas kita adalah memberikan tools bagi mrk utk bisa mengeksplor dirinya semaksimal mungkin.

Tahukah anda, bahwa otak kita itu baru terpakai hanya 1% saja dari kemampuannya. 99% masih tidur. It's a BIG SLEEPING GIANT....

Tahukah anda, bahwa kita semua terlahir dengan otak yang JENIUS, tapi kita tidak pernah diberikan OPERATING MANUAL (BUKU PETUNJUK PEMAKAIAN) tentang otak kita? kita tidak pernah tahu bagaimana otak kita bekerja.

2. TEACH THEM HOW TO LEARN not only WHAT to LEARN

Anak2 kita pergi ke sekolah untuk belajar Matematika, bhs inggris, ipa, ips,Kimia, Biologi, Fisika, bhs Indonesia, pkn,PAI, dsb itu adalah WHAT to LEARN. tapi kita tidak pernah membekali mereka BAGAIMANA BELAJAR yang EFEKTIF.. oleh karenanya, buat anak2 belajar itu MENYEBALKAN..tmsk buat kita2 dulu kan? hehehe...

Untuk itu kita harus mengerti bagaimana sistem OTAK kita BEKERJA.
OTAK bekerja dgn IMAGE /GAMBAR2.... walaupun inputnya berupa kata2/suara, maka otak akan mulai meng IMAGINASIKAN dan Meng ASOSIASI kan dan masuk kedalam 'file2' dalam otak.
Knp kita sering lupa nama seseorang, tapi kita ingat wajahnya ? krn otak kita merekam imaginasi lebih kuat.

Otak terdiri dari 2 bagian : OTAK KIRI dan OTAK KANAN

OTAK KIRI                                      OTAK KANAN
Kata2                                              Konseptual
Angka                                             Irama/musik
Garis                                               GAmbar
Analisa                                            Warna
Logika                                             Dimensi
Urutan                                            Imajinasi
Hitungan/hafalan                           Melamun

BERSIFAT:                                     BERSIFAT :
JANGKA PENDEK                           JANGKA PANJANG.

Kedua belah bagian otak harus digunakan bersama2 agar menghasilkan SINERGI (1 +1 >2)

Agar ingatan Anak bersifat JANGKA PANJANG maka anak2 harus dibekali dgn ilmu mempergunakan juga otak kanan nya disaat belajar. Salah satu caranya dgn mengajarkannya MIND MAPPING yg sesuai dgn cara kerja otak.
Otak kita juga mampu mengingat banyak hal bila kita mampu mengASOSIASI kan nya dgn hal lain yang ada dalam khidupan kita shari2.

Contoh : mampukah anda mengingat 10 kata dibwh ini dalam waktu 3 menit, dgn urutannya, dari atas ke bwh, bwh keatas, angka ganjil dan genap? dan tetap ingat bbrp hari setelahnya.
1. Apel                
2. Kuaci               
3. Rumput           
4. Cabe                
5. Cangkir            
6. Penggaris         
7. Bunga               
8. Bola                  
9. Semut               
10. Kangkung        

salah satu cara yg diajarkan mengingat dlm waktu cepat adalah dgn meng ASOSIASIkannya dan membayangkannya dgn tubuh kita. dgn urutan yg jelas misal no 1 kepala, 2 mata, 3 hidung, mulut, telinga, leher, dada, perut, kaki dan tangan

mulai no1. Kepala : diatas kepala kita ada APEL yg siap dipanah oleh seseorang, no2 mata, wah mata kita kelilipan KUACI, no3 hidung, di hidung kita tumbuh rumput2 yg hijau, siap dimakan oleh kambing, 4, mulut yg sedang kepedasan, krn bnyk makan CABE, 5 telinga yg pakai anting2 dari CANGKIR, 6. leher yg panjang krn ada PENGGARISnya, 7 di dada kita sdg jatuh cinta, tumbuh BUNGA2, di perut kita gendut karena ada BOLA, dan kaki kita gatel2 krn digigit SEMUT, dan tangan kita sedang sibuk memetik KANGKUNG. cobalah ujikan pada anak2 anda. tulis 10 kata berbeda, suruh anak kita  untuk menghafal 1 sd 10 dlm waktu 3 menit kata dan urutannya, tanpa diberikan caranya, hafal dgn cara menghafal jaman kita dulu. terus tanya bolak balik dari atas ke bwh atau bwh ke atas, atau acak dgn nomernya. DIJAMIN sangat sedikit anak kita yg hafal sekaligus. Tapi coba dgn cara yg sy tulis diatas, sambil suruh anak kita membayangkannya.

Itu salah satu cara menghafal dgn LOKASI. kalau lebih bnyak kata, bisa dgn dibantu perabotan yg ada di ruangan, tapi tidak dgn barang yang sama, dan harus urutan.

kmarin Pembicara mempraktekkan di dpn peserta seminar dgn 25 kata acak yg dipilih oleh peserta seminar. Bahasa Inggris, ARab, indonesia, bukan hanya benda, istilah2 manajemen, istilah2 saham dsb... dia mulai menghafal saat peserta seminar masing2 menyebutkan kata2 yg minta dihafal olehnya, setelah 25 kata terpilih, satu orang disuruh membaca urut dari 1 sd 25, setelah itu peserta seminar boleh men-test dia dari no brp saja. dan AJAIB 100% gak ada yang salah.... prok prok prok...tepuk tangan smua.. hehehe...

3. TURN on SAKLAR OTAK si anak

Otak bekerja dgn bbrp gelombang, gelombang yang tertinggi gelombang BETHA (otak sadar kita), setelah itu gelombang ALPHA ( otak rilex, mudah menyerap informasi apapun), gelombang TETHA ( alam mimpi), gelombang DELTA ( tidur pulas/nyenyak)

di saat anak STRESS, EMOSI, TAKUT, SEDIH (emosi2 negatif) atau kita sbg ortu/ guru marah2 maka gelombang ALPHA akan otomatis TERTUTUP, anak dalam keadaan SIAGA, tp NEGATIF alias reflek otak menolak INFORMASI apapun. Yang ada adalah INSTINK untuk MELAWAN atau LARI ... makanya kenapa kita sbg ortu sering lebih sering makin emosi/marah2 disaat anak makin tidak bisa mengerti apapun yg diterangkan.

Kenapa anak2 lebih cepat BELAJAR MAIN GAME dan bisa MENANG dalam GAME, bahkan kadang tanpa ada yang mengajarinnya? lebih cepat mengerti alur cerita film HARRY POTTER yang >3jam sampai ke detailnya, padahal kalo disuruh belajar SEJARAH / BIOLOGI selalu bilang otaknya sudah penuh, gak bisa inget apa2 lagi, tp knp setelah itu bisa menceritakan film tsb sampai detail???? berarti otaknya gak penuh kan???  knp mrk bisa mengingat sedemikian bnyak hal dalam film/cerita/komik ??? karena bahasa FILM, GAME dan KOMIK adalah bahasa gambar/image/ asosiasi dan masuk dalam ingatan jangka panjangnya. Kenapa anak2 bisa lebih PAHAM hal2 tsb dibanding PAHAM pelajaran????

SAKLAR OTAK ON yang dimaksud adalah : RASA INGIN TAHU si anak,
SAKLAR OTAK OFF =  rasa penolakan anak, krn belajar menyebalkan,belajar identik dgn membosankan, dimarah2in, diomelin, dipukulin/dijewer dsb...


4. Apa benefit belajar untuk anak2? (versi anak2 loh ya...)

Belajar buat anak2 skr ini tidak ada benefit apa2 buat mrk. (benefit yg dimaksud adalah benefit yg dimengerti oleh pikiran anak2) . Kita sbg ortu sll bilang belajar biar pinter, biar jadi org sukses, biar jadi kaya dsb... sedangkan buat si anak : pinter tuh buat apa, gak bikin dia bisa main game lebih lama, sukses itu apa, buat apa? kaya itu buat apa? hehehe....

Tugas kita sbg ortu, bagaimana mendekatkan/mengkaitkan  impian/khayalan si anak yg ada di game, film dsb dgn PELAJARAN..... kita harus mulai menerangkan, apa dia senang dgn game/film tertentu, tau gak bagaimana cara buatnya, mau gak jadi ahli pembuat game/film tsb, kira2 keahlian apa aja yg harus dimiliki untuk bisa membuat game/film tsb dsb....bagaimana mengkaitkan matematika dgn game sepak bola dsb...(yg ini msh harus explore lagi niy....)

5. PLAY FOR LEARN

Bukan belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar, tapi yang benar adalah BERMAIN UNTUK BELAJAR.


Apa yang kita lakukan sbg ortu selain ngomelin anak, waktu mendapati nilai ulangan Matematika/Fisika/ bhs inggris/lainnya anak MERAH ?? me-les- kan nya kan? memberinya mata pelajaran tambahan di luar jam sekolah.

bandingkan dgn analogi ini :

Ada satu kelas berisi 30 anak/murid. Hari itu ada koki istimewa dari hotel bintang 5 memasak nasi goreng buat seluruh anak tsb dan masing2 anak diberikan 1 piring nasi goreng istimewa hasil masak koki hotel bintang 5.

Ada anak yang bisa menghabiskan 1 porsi piring, ada anak yg habis 80%nya 75%nya 50%nya, 25%  dsb.... ada anak yang cuma makan 1 sendok saja, dan masih sisa banyak dipiringnya? Apakah anda sbg ortunya akan menambah 10 piring nasi goreng lagi buat si anak yg cuma makan 1 sendok nasi goreng saja????

Seperti itulah kita sekarang ini sbg Orang tua si anak yang cuma makan 1 sendok nasi goreng, dah gak habis sepiring, ditambah lagi 10 piring, dah gak bisa 1 pelajaran di skolah, ditambah lagi les ini itu di luaran yg mana bukan POKOK PERMASALAHAN nya...bukan WHAT to LEARN tapi masalah si anak adalah HOW to LEARN....

Smoga kita sbg ortu menjadi lebih bijak setelah membaca ini... dan mulai berfikir keras, bagaimana agar anak bisa belajar CARA BELAJAR yang EFEKTIF dan EFISIEN.... shg mrk tidak menganggap BELAJAR itu sebagai BEBAN tp sbg 'game' yg mereka cintai bahkan tidak bosan bermain sampai berjam2 sekalipun...... aaamiiin... dan jangan lupa senantiasa MEMUJI anak dan MEMANGGIL anak dgn panggilan2 POSITIF..... Young Man today, will be a LEADER tomorrow....anak2 kita akan jadi "pemimpin" di kemudian hari....

Semoga Bermanfaat....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...