Senin, 16 Januari 2012

KBRI: 40 Korban Hilang Kapal Tenggelam Italia Bukan WNI

 Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Roma, Italia menyatakan 170 warga negara Indonesia (WNI) selamat dalam kecelakaan Kapal Pesiar Costa Concordia pada Jumat  (13/1) malam. "Wakil dari perusahaan, Brancaleoni, memberi informasi bahwa 40 penumpang yang belum ditemukan telah dipastikan tidak ada yang berkewarganegaraan Indonesia," kata Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Roma, Priyo Iswanto, Ahad (15/1) malam.

KBRI Roma juga telah bekerja sama dengan pejabat pemerintah setempat hingga berhasil mengidentifikasi 80 ABK WNI di tiga hotel di kota Grosseto, Italia. Mereka antara lain terdapat di Hotel Leopoldo Grosseto (35 orang), Hotel Nuovo Grosseto (33 orang), Hotel Fattoria la Principina (12 orang). Sementara tiga ABK lagi masih berada di sebuah hotel yang belum diketahui namanya di Kota Grosseto.
Minister Counsellor Fungsi Penerangan KBRI Roma, Musrifun memastikan pihak perusahaan yang membawahi ABK tersebut akan memulangkan mereka ke Indonesia. Ia juga meminta perusahaan itu untuk memberikan hak gaji para ABK sebelum dipulangkan ke tanah air. KBRI di Roma juga akan memberikan kemudahan bagi para WNI yang selamat dengan membantu proses pembuatan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP).

"Mereka banyak kehilangan paspor, jadi kita akan membantu pengurusan SPLP," kata Musrifun.

Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri Indonesia memberitahukan bahwa KBRI di Roma telah membuka layanan hotline khusus bagi masyarakat yang ingin mengetahui kondisi kerabat mereka di nomor +39-06-420033101.

Kapal Pesiar Costa Concordia menabrak karang, Jumat (13/1) malam. Akibatnya lambung kapal robek sepanjang 70 meter. Kapal setengah tenggelam di perairan dangkal di dekat Pulau Giglio, sebuah tempat wisata yang berada 25 kilometer di lepas pantai Italia barat. Saat kecelakaan terjadi, kapal yang memiliki panjang 290 meter itu sedang mengangkut lebih dari 4.200 penumpang dari 60 negara dan wilayah.(Ant/BEY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...