Senin, 16 Januari 2012

Anak yang Aktif Lebih Berprestasi



MULAI sekarang, Anda sebagai orangtua jangan terlalu membatasi aktivitas anak-anak. Anak-anak yang aktif menandakan mereka sehat. Dengan demikian mereka bisa jauh lebih berprestasi ketimbang anak-anak yang kurang aktif secara fisik.

Sejumlah peneliti dari Belanda menemukan keterkaitan antara aktivitas fisik dan perkembangan kinerja akademis. “Berdasarkan hasil-hasil studi kami, kami bisa simpulkan bahwa aktif secara fisik bermanfaat bagi kinerja akademis," ujar Amrika Singh dari Pusat Kesehatan universitas VU.
Anak yang aktif akan mengedarkan banyak arus darah ke otak. Sehingga banyak oksigen yang masuk ke otak. Mereka memproduksi hormon lebih banyak. Satu di antaranya endorfin yang dapat mengurangi tingkat stres dan membuat perasaan lebih baik.

Keberhasilan aktivitas fisik ditunjang dengan aturan, perbaikan tingkah kalu, dan peningkatan konsentrasi. Namun Singh tak mengetahui frekuensi dan jenis aktivitas yang memengaruhi perbaikan akademi.

Tapi, temuan itu menyatakan anak-anak yang aktif secara fisik lebih bagus prestasinya. Singh menyarankan para pendidik mempertimbangkan hal itu sebelum mengurangi program-program fitnes di sekolah. Singh lalu memuat temuan itu dalam jurnal 'Archives of Pediatric and Adolescent Medicine'.(VOA/RRN)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...