Rabu, 18 Januari 2012

Merangsang Nafsu Makan Anak


sustainable food for childrenBanyak orang tua seringkali mengalami kesulitan dengan nafsu makan anak mereka. Jika Anda salah satu dari orang tua dengan masalah tersebut, Anda dapat mencoba beberapa hal untuk meningkatkan nafsu makan anak Anda.

Satu trik yang bisa dicoba adalah menyajikan makanan yang menarik secara visual bagi anak. Coba sajikan makanan yang memiliki banyak variasi warna dan bentuk namun tetap sehat.

Anak-anak akan lebih tertarik pada makanan dengan banyak warna. Sajian yang menarik dari makanan, tentunya bisa meningkatkan nafsu makan anak.

"Sayangnya, banyak orang tua memberi penyajian makanan yang biasa saja untuk anak mereka," ujar pimpinan penelitian dari Cornell university, New York AS, Brian Wansink.
Penelitian Wansink melibatkan anak-anak dan orang tua, dilakukan dengan menunjukan 48 gambar makanan kepada 23 anak dan 46 orang tua. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak lebih memilih makanan yang memiliki variasi warna bentuk. Hal tersebut sangat berbeda dengan orang tua mereka yang lebih memilih makanan yang biasa.


Professor Wansink dan rekannya dari London Metropolitan University menyarankan orang tua memberikan perhatian lebih pada penyajian makanan. Orang tua harus mampu mempersiapkan daging dalam dengan bentuk seperti senyuman wajah atau bentuk hati.

Hasil peneltian itu dipublikasikan dalam jurnal The Acta Paediatrica. Penelitian itu untuk mendukung program diversifikasi dari nutrisi anak. (Ant/Wtr4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...