Kamis, 19 Januari 2012

BMKG Deteksi 20 Titik Api di Sumbar


Metrotvnews.com, Padang: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padang, lewat pantauan satelit NOAA (National Oceanographic and Atmospheric), mendeteksi 20 titik api di Sumatra Barat.

"Titik api tersebar di Kabupaten Dharmasraya, Solok Selatan, Pasaman Barat, dan Kabupaten Pasaman menyebabkan daerah ini diselimuti kabut asap cukup tebal," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Padang Syafrizal, Kamis (19/1).

Menurut dia, kabut asap rata menyelimuti daerah Sumbar. Jarak pandang kini tersisa delapan kilometer dan akan lebih pendek pada daerah perbukitan. Syafrizal mengaku, tak bisa memastikan apakah titik api berasal dari kebakaran hutan atau pembukaan lahan.

"Kabut asap dapat diatasi jika terjadi hujan sehingga titik api yang menjadi pemicu kabut asap akan padam," kata dia.

BMKG memprediksi dalam minggu ini terdapat potensi hujan sehingga kabut asap tersebut dapat padam. Menurut dia, kendati jarak pandang hanya delapan kilometer masih aman untuk aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padangpariaman.

"Aktivitas penerbangan belum terganggu karena Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padangpariaman juga telah dilengkapi sistem instrumen pendaratan yang membantu pendaratan pesawat," kata dia.

Ia mengingatkan, dalam kondisi cuaca yang panas dan kering kebakaran hutan sangat mudah terjadi kebakaran, karena itu masyarakat diminta untuk tetap waspada.

Ia juga mengimbau pengendara di jalan raya khususnya yang hendak bepergian keluar kota di Sumbar untuk berhati-hati karena terbatasnya jarak pandang.

"Bagi yang hendak melewati daerah pegunungan dan perbukitan lebih baik menyalakan lampu kabut karena kabut di daerah itu lebih tebal," kata dia.(Ant/ICH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...