Rabu, 25 Januari 2012

5 Makanan Rahasia Untuk Kulit Sehat



Dok. Intisari

Sertakan jeruk dalam makanan diet Anda, karena jeruk terlibat dalam pembentukan kolagen.
Kecantikan sejati berasal dari dalam, sehingga kunci untuk kulit bercahaya yang sehat mungkin tidak datang dari kosmetik. Kulit adalah organ terbesar dari tubuh. Jika memelihara tubuh dari dalam kemudian keluar, maka kulit Anda akan terlihat berbeda – dan juga usia.
Diet sederhana yang membuat kulit Anda bersinar, seperti dimuat di situs Healthcastle, seperti berikut ini.
  1. Tukar karbohidrat
    Ganti makan karbohidrat olahan seperti roti putih, kue, dan pasta tepung terigu dengan sepupu mereka. Biji-bijian bukan hanya menyediakan lebih banyak antioksidan anti-penuaan, tapi juga elemen dari diet kulit yang sehat, yaitu serat.
    “Diet tinggi serat dengan banyak biji-bijian dapat membantu menghilangkan racun dan bertindak sebagai alat detoksifikasi bagi tubuh,” kata
    ahli gizi, Tanya Zuckerbrot, yang saat ini sedang menulis buku keduanya The Miracle Carb Diet. Ia menyarankan makan 35 gram serat setiap hari.
  2. Tukar menukar dalam lemak Anda
    Membuang lemak yang buruk dalam diet Anda – lemak jenuh dan lemak trans – dan menggantinya dengan lemak baik.  Asam lemak omega-3 dari ikan dapat mengurangi risiko kanker kulit, demikian menurut ahli nutrisi Elizabeth Somer, penulit Age-Proof Your Body. Dia menyarankan makan 200 mg DHA per hari – yang setara dengan dua porsi salmon seminggu. Walaupun kebanyakan kita mendapatkan banyak dari asam lemak omega-6, Somer menekankan pentingnya lemak baik lain – asam linoleat – dalam mencegah kulit kering, terkelupas. Asam linoleat bisa ditemukan pada minyak nabati seperti minyaksafflower, minyak bunga matahari, dan minyak zaitun.
  3. Masukkan jeruk dalam menu Anda
    Jeruk merupakan buah-buahan yang berperan penting dalam menjaga kulit tampak muda. Itu karena antioksidan vitamin C ditemukan dalam jeruk. “Jeruk terlibat dalam pembentukan kolagen – protein yang mengikat sel-sel dan jaringan bersama-sama,” demikian menurut ahli gizi dan Food Network, Chef Robin Miller. Dengan kata lain, kolagen membantu menjaga keras kulit Anda dan mengurangi kerutan. Termasuk juga seluruh makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk, grapefruit, kiwi, stroberi, paprika merah, dan brokoli. Jangan hanya makan jeruk sebagai buah setelah makan – tapi selalu masukkan mereka dalam piring makan Anda.
  4. Pertahankan batang dan kulit
    Ada alasan kesehatan lebih untuk menambahkan buah-buahan dan sayuran untuk diet Anda. Silika ditemukan dalam makanan nabati dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit dan meningkatkan warna kulit, disarankan Chef Miller, yang baru-baru ini mengembangkan resep untuk perawat kulit. Yang mungkin tidak Anda tau adalah bahwa silika sering ditemukan di bagian-bagian yang sering dibuang – batang dan kulit. Jika memungkinkan, nikmati buah dan sayuran secara utuh, seperti mentimun dengan kulitnya, atau seledri dan asparagus dengan batangnya.
  5. Tetap terhidrasi
    Cairan menjaga kulit tetap terhidrasi dan membantu menyiram racun. Minum setidaknya 8 gelas cairan – air dan teh – setiap hari. Dr. Boug Balentine, Direktur Gizi dan Kesehatan Lipton, merekomendasikan minuman teh putih, hijau, atau hitam untuk mendapatkan manfaat dari flavonoid. Jangan tambahkan krim dan gula agar bebas kalori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...