Kamis, 26 Januari 2012

Astra International, Fortune Most Admired Company 2011


Ester Meryana Majalah Fortune Indonesia memilih Astra International sebagai perusahaan yang paling dikagumi untuk tahun 2011. Penghargaan diberikan di Jakarta, Rabu (25/1/2012).
JAKARTA, PT Astra International Tbk terpilih sebagai Fortune Most Admired Company 2011. Astra terpilih dari 20 perusahaan yang masuk dalam Fortune Most Admired Companies 2011. Pemberian penghargaannya dilakukan di Jakarta, Rabu (25/1/2012) malam.
Direktur PT Astra International Tbk, Gunawan Geniusahardja, yang menerima penghargaan tersebut, mengatakan, Astra International punya strategi 3W yang telah dijalankan sejak satu dekade yang lalu. Strategi itu terdiri dari winning concept, winning price, dan winning team. Dan kini, strategi itu akan dikembangkan lagi dengan triple roadmap.
Dalam winning concept, masing-masing perusahaan dalam Astra International mempersiapkan strategi yang baik apakah itu dalam usaha hulu dan hilirnya. Sementara, pada winning price, perusahaan akan selalu melakukan peningkatan sehingga usaha, salah satunya, bisa menghasilkan efisiensi yang tinggi. "Ketiga adalah winning team yaitu selain bahwa team work yang kita bentuk di Astra maka seluruh jajaran Astra mereka juga lebih baik dari supervisor (hingga) manager. Kita (harus) siap untuk menghadapi masalah-masalah yang akan timbul di kemudian hari," ujar Gunawan.
Lebih lanjut, ia menyebutkan, perusahaan juga fokus kepada pengelolaan sumber daya manusianya. Dengan Astra Human Resources Management System, perusahaan tidak merekrut karyawan berdasarkan kemampuan dankepandaian saja. "Bukan dari faktor teknikal saja tapi kita juga sesuaikan dengan pribadi-pribadi yang cocok dengan bisnis dan karakteristik daripada Astra secara keseluruhan. Itu yang kita rekrut," kata dia.
Astra pun memperlengkapi karyawannya dengan sejumlah pelatihan. Perusahaan pun memberikan kesempatan karyawan mencapai prestasi setinggi-tingginya sesuai dengan kemampuan karyawan. "Kita 99,9 persen karyawan manajemen Astra adalah dari Indonesia," tukasnya, dimana sekarang karyawan Astra berjumlah sekitar 161.000 orang.
Mengenai inovasi, kata dia, Astra mempunyai track for excellence di mana semua karyawan yang ada di pusat dan daerah itu harus membudayakan inovasi. Intinya, kata dia, perusahaan memberikan kesempatan yang terbaik bagi karyawannya. Dengan begitu, karyawannya pun akan berpikir 2-3 kali untuk keluar dari Astra.
Ke depan, Astra International tidak akan hanya berpijak pada 3W. Gunawan menyebutkan, Astra sedang mengembangkan triple roadmap. Pertama, portofolio perusahaan harus jelas arahnya kemana. Kedua, people roadmap di mana perusahaan akan berupaya keras agar karyawan betah dan bisa menghasilkan produktivitas yang tinggi. "Terus (ketiga)adalah public contribution roadmap. Kita harus memikirkan bahwa apa yang kita lakukan harus membantu lingkungan dan sebagainya," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...