Sabtu, 07 Januari 2012

Cara Hindari Pertengkaran Pasutri Karena Masalah Keuangan


Cara Hindari Pertengkaran Pasutri Karena Masalah Keuangan

Apa alasan utama pasutri bertengkar? Mungkin uang menjadi faktor yang menempati urutan pertama. Karena latarbelakang persepsi yang berbeda, serta penanganan yang berbeda satu sama lain, uang yang sebenarnya menjadi masalah sensitif ini bisa menjadi sumber malapetaka. Nah, agar terhindar dari ancaman tersebut, lakukan beberapa solusi seperti dilansir Howtodothings.
Berhentilah menyalahkan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah berhenti berdebat dan saling menyalahkan pasangan. Tidak peduli siapa yang menjadi sophaholic atau menghabiskan uang untuk membayar hutang, namun setidaknya hadapi isu ini bersama dengan kepala dingin. Ingat ketika Anda menikah, maka masalah keuangan merupakan tanggung jawab bersama. Jadi, buatlah penyelesaian secara bijak untuk mengatasi hal tersebut.
Akuilah jika ada masalah
Ketimbang saling menyalahkan, terima sajalah bahwa memang ada masalah keuangan dalam hubungan Anda saat ini. Penolakan tidak akan membuat hubungan dan kondisi bertambah baik. Hal terpenting untuk dilakukan adalah pelajari keterampilan mengelola keuangan dengan benar.
Anggap pasangan sebagai “partner” manajer keuangan dan bukan sebagai musuh
Untuk berhenti berdebat, Anda perlu menyetop perlakuan saling menyalahkan satu sama lain sebagai lawan. Anda perlu mengingatkan diri bahwa Anda dan pasangan adalah satu tim. Jika salah satu pasangan Anda sedang down atau lemah di satu sisi, maka Anda pun harus membantu menaikkan semangatnya kembali. Jadi, tidak ada istilah utang suami atau utang saya. Perlakukan hal-hal seperti suami istri, sehingga Anda dapat bekerja sama memecahkan tagihan-tagihan tersebut. Anda berdua perlu belajar memahami kesehatan keuangan dan hubungan. Bergiliran satu sama lain membayar tagihan dan mengecek laporan rekening bank bersama-sama adalah solusi bijak yang bisa ditempuh.
Jujur satu sama lain
Jangan sembunyikan masalah keuangan dari pasangan Anda. Kejujuran merupakan bagian integral yang menyangkut kelangsungan hidup dari setiap hubungan dan itu termasuk keuangan di dalamnya.
Jangan menilai pasangan Anda
Uang merupakan manifestasi dari masalah lain yang bisa memicu terjadinya konflik besar dalam hubungan Anda. Jadi jika ingin berhenti berdebat, Anda harus belajar untuk memisahkan perilaku keuangan tidak bertanggung jawab yang biasanya dilakukan. Jangan hanya karena istri Anda memiliki banyak utang kartu kredit membuat dirinya jadi tidak dicintai lagi. Begitu juga ketika suami tidak memiliki cukup banyak uang, Anda pun merubah perilaku dengan merendahkan dirinya dan tidak memberikan posisi strategis untuknya selaku kepala rumah tangga.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...