Selasa, 03 Januari 2012

Seimbangkan waktu karir dan keluarga





Trik Seimbangkan Waktu antara Karier dan Keluarga
KOMPAS.com - Tak mudah memang menjadi seorang ibu rumah tangga sekaligus ibu bekerja. Namun tetap ada cara untuk menyeimbangkan kedua hal tersebut.

1. Buat pasangan sebagai mitra sejajar. Jangan berusaha menjadi orang yang mampu mengatasi semua hal sendirian. Jangan sungkan untuk meminta bantuan pada pasangan, terutama dalam urusan pengasuhan anak. Dengan demikian Anda tidak akan merasa stres sendirian dan akhirnya merasa kelelahan seorang diri.

2. Fokus pada kegiatan yang Anda lakukan. Buatlah aturan untuk diri Anda sendiri untuk menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga. Jangan mencampur- adukkan masalah keluarga dengan pekerjaan. Fokuslah pada apa yang sedang Anda kerjaan saat ini, misalnya saat Anda bersama keluarga sebisa mungkin hindari mengerjakan pekerjaan kantor. Ketika bekerja, fokuslah pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Sangat penting bagi Anda untuk memberi contoh pada karyawan atau rekan kerja Anda, bahwa Anda total bekerja. Jika mereka mengalihkan pembicaraan saat bekerja dengan berdiskusi tentang anak, bicarakan sebentar lalu kembalikan topik pembicaraan pada pekerjaan Anda.

3. Atur waktu berkualitas untuk keluarga. Seringkali ada berbagai pekerjaan mendadak yang harus segera Anda selesaikan di kantor, maka sebisa mungkin ciptakan waktu berkualitas bersama keluarga Anda. Jika Anda tidak bisa makan malam bersama di rumah, buatlah saat sarapan bersama keluarga menjadi waktu yang istimewa bersama keluarga.

4. Tidur tepat waktu. Sekeras apapun Anda bekerja, buatlah waktu tidur Anda dan pasangan tidak terganggu. Pergilah tidur di waktu yang sama dengan pasangan Anda. Hal ini akan memancing gairah bercinta Anda dan pasangan Anda di ranjang. Tidur cukup juga bisa menghindarkan Anda dari serangan stres dan kelelahan fisik.

5. Kenali banyak teman. Sesibuk apapun Anda, cobalah sesekali untuk menyempatkan diri berkunjung ke sekolah anak dan berteman dengan orangtua lainnya. Selain itu cobalah untuk berteman baik dengan pengasuh anak, dokter anak, dan lainnya. Hubungan yang baik ini tidak hanya akan membuat Anda memiliki banyak teman dan meningkatkan hubungan sosial Anda, tapi juga mempermudah Anda jika suatu saat Anda membutuhkan bantuan mereka.
Selain itu, jalinlah pertemanan dengan beberapa ibu yang memiliki permasalahan yang sama dengan Anda dalam hal bekerja dan keluarga. Adanya persamaan kondisi ibu bekerja tak jarang akan memberikan berbagai bantuan, motivasi, support, serta jalan keluar ketika Anda menghadapi permasalahan ini.


Sumber: Shine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...