Minggu, 01 Januari 2012

Kantor google


Ini kantor Google, namanya Googleplex


hidup penuh warna
Saya punya semacam trauma untuk bekerja di perusahaan jenis nine-to-five, terutama yang gedungnya berbentuk balok tinggi dan berada di kawasan perkantoran (seperti segitiga emas di Jakarta). Ada rasa bergidik tiap kali masuk ke lobby gedung yang atapnya tinggi itu dan mencium bau ruangan-ruangannya yang sama sekali tidak terasa hangat.
Dan selalu juga ada rasa inferior setiap saya masuk ke lift dan berdiri bersebelahan dengan orang-orang bersetelan jas rapi warna hitam, atau para perempuan yang mengenakan blouse putih dan rok ketat abu-abu plus sepatu hitam hak tinggi. Saya memperoleh kesan mereka sulit didekati, apalagi kalau saya karyawan baru tingkat rendahan.
Di tahun-tahun yang lalu, saat saya bekerja di sejumlah kantor semacam ini, tak jarang saya ingin teriak keras-keras di lift karena tertekan.
Setiap hari inspirasi saya dibatasi oleh warna-warna hitam, putih, abu-abu, dan metalic. Kreativitas saya dipaksa muncul (atau kadang dipaksa mati) mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Hari serius saya haruslah hari Senin sampai Jum’at.
Di luar itu, saya seperti burung frustrasi yang lepas dari sangkar.
Pada akhirnya saya berhenti bekerja dengan cara itu, dan memilih luntang-lantung jadi freelancer atau bekerja di beberapa perusahaan kecil. Tentu ada konsekuensi buruknya, yaitu hidup tidak mapan dan tak jarang kelaparan. Tapi ada juga konsekuesi baiknya, yaitu punya kebebasan untuk mengatur hidup saya sendiri dan punya ‘waktu dan ruang’ yang nyaman untuk melakukan kreativitas yang menyenangkan.
santai kayak di pantai :)
Tapi sekarang ada kantor model Google ini. Yang punya filosofi:
“Kerja seharusnya menantang, dan tantangan itu seharusnya menyenangkan.”
Maka mereka buatlah budaya kantor yang serius tapi santai ini.
bosan naik lift?
Ini adalah hal-hal yang bikin kerja di kantor Google menyenangkan:
- Desain interior yang warna-warni.
- Karyawan boleh pakai jeans dan kaos.
- Karyawan bisa naik sepeda atau skuter kemana-mana di seluruh ruangan kantor.
- Boleh bawa binatang peliharaan ke kantor.
- Ada kursi-kursi santai di mana-mana dan juga kursi pijat.
- Karyawan Google berbagi ruang-ruang yang berbentuk kubus, yurt, dan berjubel, dan sangat sedikit kantor eksklusif.
- Laptop di mana-mana.
- Ada meja biliar, lapangan bola voli, beragam permainan video, piano, meja ping pong, dan gym yang menyediakan kelas yoga dan tari.
- Ada perkumpulan karyawan yang suka meditasi, film, wine, dan tari salsa.
- Tersedia makan siang dan makan malam sehat (all you can eat) untuk semua staf di berbagai kafe.
- Ruangan istirahat yang dilengkapi berbagai kudapan dan minuman supaya karyawan Google senantiasa bersemangat.
stress relief
kalau cape jalan kaki
Google is not a conventional company, and we don’t intend to become one. True, we share attributes with the world’s most successful organizations – a focus on innovation and smart business practices comes to mind – but even as we continue to grow, we’re committed to retaining a small-company feel.
Ini kantor Google Belanda, maka ada nuansa sapinya. Kalau kantor Google Indonesia kira-kira nuansa apa ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...